Breaking News
Loading...
23 Juli, 2014

Mengenal Wright Bersaudara, Sang Pencipta Pesawat Terbang

Rabu, Juli 23, 2014
Pesawat ciptaan Wright bersaudara

     Pesawat terbang merupakan sarana transportasi yang paling disukai didunia, hal itu dikarenakan pesawat terbang sangat efisien. Pesawat terbang mampu mengantarkan para penumpang melintasi jarak yang jauh dalam waktu yang singkat, dibandingkan dengan transportasi darat maupun laut. Tahukah Anda siapa pencipta pesawat terbang? Wright bersaudara: Orville Wright dan Wilbur Wright.

     Wilbur Wright dan juga Orville Wright adalah dua orang kakak adik yang tercatat sebagai penemu pesawat terbang. Orville Wright lahir pada tanggal 19 Agustus 1871 dan meninggal pada tahun 1948. Sementara itu Wilbur Wright, sang adik lahir pada tanggal 16 April tahun 1867 dan wafat di tahun 1912. Selanjutnya mereka dikenal dengan nama Wright Brothers sang penemu pesawat terbang. Sebenarnya, gagasan mengenai pesawat terbang telah ada jauh hari sebelum Wright bersaudara hidup. Ide mengenai peswat terbang ini sudah ada setidaknya sejak tahun 200 Sebelum Masehi. Hal ini terlihat dari gambae-gambar kuno yang terlihat di atas langit-langit sebuah kuil bekas peninggalan Mesir Kuno. Selain itu, tepat di tahun 1898, ditemukan sebuah replika pesawat terbang di sebuah makam kuno di Mesir. Semua hal ini mengindikasikan ide terkait pesawat telah lama mucul. Hanya saja, tokoh yang pertama kali berhasil secara efektif merealisasikan ide tersebut dengan berhasil menerbangkan sebuah pesawat adalah Wright bersaudara. Mereka terinspirasi dengan burung yang mampu terbang dengan memanfaatkan keseimbangan udara. 

Orville Wright
     Wright bersaudara sebenarnya berprofesi sebagai pengelola sebuah toko di Ohio Amerika Serikat. Toko yang mereka kelola tersebut menjual peralatan motor dan juga melayani jasa perbaikan. Profesi tersebut sedikit banyak menyumbang pengatahuan mengenai mesin bagi kedua kakak beradik yang diketahui tidak memiliki pasangan seumur hidupnya ini. Keingintahuan Wilbur dan Orville mendorong mereka untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan penerbangan. Mereka juga mulai membuat sejumlah mesin yang mereka harapkan bisa mewujudkan impian mereka menerbangkan pesawat.


Wilbur Wright
     Kedua penemu pesawat terbang ini melakukan serangkaian percobaan juga penelitian yang cukup panjang. Mereka berhasil menciptakan sebuah mesin yang dinamakan Wright Flyer. Dan akhirnya di tahun 1903 tepatnya pada pukul 9.30 pagi hari waktu setempat, mereka bisa membuktikan bahwa penelitian mereka bukanlah omong kosong semata. Wright bersaudara sukses menerbangkan sebuah pesawat kendali dengan jarak sepanjang 4 mil. Meskipun hanya bisa mengudara selama 12 detik dan mencapai ketinggian 37 meter, namun prestasi ini merupakan pionir atau cikal bakal penemuan pesawat terbang yang bisa mengudara dengan efektif. Dengan fakta inilah sehingga dunia mencatatkan mereka sebagai penemu pesawat terbang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer