Breaking News
Loading...
17 Juli, 2012

MAKNA DARI LOGO WINDOWS

Selasa, Juli 17, 2012

Ingat dengan tugas yang pernah di beri oleh guru saya, saya kembali penasaran. Tugasnya yaitu mencari makna dari keempat warna logo windows. Setelah hampir 30 menit mencari akhirnya ketemu ! ini dia !

         “Interaksi manusia dan komputer adalah suatu ilmu yang berhubungan dengan komputer grafik, sistem operasi, faktor manusia, ergonomi, rekayasa industri, psikologi teori, dan sistem bagian dari ilmu pengetahuan komputer. Interaksi manusia dengan komputer dapat digambarkan seperti dialog antara user dengan komputer. Misalnya user menekan tombol angka & huruf pada keyboard dan melakukan sentuhan kecil pada kursor mouse. Kemudian hasilnya akan ditampilkan pada layar monitor.

          Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer. Dibandingkan dengan kata-kata, sebuah gambar atau symbol(grafis) dapat bermakna lebih. Bayangkan sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Ini artinya tentu jauh lebih efisien, ketika sebuah desktop me-visualisasikan program-program atau aplikasi dengan icon atau symbol-simbol tertentu. Tampilan desktop misalnya tentu jauh lebih menarik dengan adanya icon-icon tertentu ketimbang hanya tulisan-tulisan saja, tetapi pada bagian-bagian tertentu tulisan-tulisan juga memiliki andil yang besar untuk mendeskripsikan segala sesuatunya.
 Logo Windows

          Pernah muncul pertanyaan, kenapa sih logo windows berbentuk jendela dengan panduan warna merah, hijau, biru dan kuning?
Bentuk jendela merupakan identitas windows itu tersendiri
Sedangkan warna 4 warna yang tergabung pada logo windows memiliki arti tersendiri. Terinspirasi dari kepribadian manusia yang terbagi menjadi 4 tipe kepribadian, maka dilambangkan dengan warna.

1. Kuning, melambangkan kepribadian orang visioner, orang bertipe kepribadian ini adalah orang yang memiliki pandangan jauh ke depan dan mimpi yang tinggi. Namun, sometime mereka melihat mimpi itu terlalu jauh, tanpa berpijak pada kenyataannya.
2. Merah, melambangkan tipe kepribadian pengendali. Orang bertipe kepribadian ini memiliki kecendruangan mengendalikan dan mengatur orang lain. Biasanya orang ini memiliki jiwa kepemimpinan yang baik sehingga bisa mengendalikan orang lain. Orang bertipe pengendali ini memiliki keterkaitan dengan orang visioner. Orang bertipe pengendali berperan sebagai pelaksana, mengatur cara agar mimpi yang dimiliki orang bertipe visioner bisa terlaksana.
3. Hijau melambangkan tipe kepribadian rapi. Orang yang memiliki kepribadian rapi, maka akan selalu menjaga kerapiannya.
4. Biru, melambangkan kepribadian lem. Seperti lem, orang yang bertipe kepribadian ini memiliki kemampuan untuk merekatkan hubungan, misalnya merekatkan antara satu kelompok dengan kelompok lain. Orang bertipe ini mudah bergaul dan membaur dengan orang lain. Dengan menyatukan keempat “warna” tersebut dalam satu framework, sehingga terjadilah suatu perusahaan sebesar “windows”.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer